Pages

Monday 17 September 2012

Pilpres Alumni De Britto 2012

Pilpres? Pemilihan Presiden Alumni ya? Iya, pemilihan presiden alumni atau ketua ikatan alumni JB(De Britto). Momen 3 tahunan kami kali ini bertepatan dengan hingar bingar pemilihan gubernur ibu kota Jakarta. Dalam pemilihan gubernur ibu kota para calon sibuk berkampanye dan berorasi membangun pencitraan diri untuk menarik simpati serta dukungan supaya mereka mendapat suara terbanyak sehingga bisa menjabat sebagai gubernur ibukota kita itu, namun para calon presiden alumni kami malah adem ayem tanpa kampanye, orasi kepada kami masyarakat alumni JB.
Berbeda dengan para politikus yang suka saling jegal dan sibuk membuat pencitraan diri yang bagus-bagus untuk mereka sendiri, para capres alumni kami ini malah saling dukung antara calon yang satu dengan yang lain. Mereka bukan membuat pencitraan untuk diri mereka sendiri namun malah menunjukkan calon lain lebih bagus dari dirinya sendiri. Lah kok bisa malah begitu? Saya juga kurang tahu kenapa mereka seperti itu. Mungkin juga mereka maju menjadi capres karena dijluntrungke(diajukan) oleh teman yang lain, atau mereka mungkin merasa belum mampu mengemban tugas sebagai presiden alumni JB. Memang tanggungjawab sebagai presiden alumni JB menurut saya sangat berat. Tugas utama presiden alumni JB adalah mampu menjaga kerukunan dan keakraban para alumni JB. Nah itulah yang paling berat, karena para alumni JB sendiri tersebar di seluruh dunia. Jadi mereka takut mengemban tanggung jawab itu? Apa karena itu juga mereka jadi saling dukung supaya calon yang lain saja yang terpilih? Menurut saya tidak seperti itu, saya rasa mereka hanya merasa belum pantas untuk mengemban tugas tersebut. Bila salah satu dari mereka terpilihpun saya yakin beliau pasti bisa mengemban tugas itu dengan baik selama 3 tahun ke depan.
Pilpres alumni JB 2012 ini terasa lebih istimewa dan memang ini pertama kalinya pilpres alumni kami secara online. Untuk pilpres sebelumnya memang cara pemilihannya cuma secara tertutup dan dihadiri oleh puluhan alumni saja. Namun tahun ini kami ingin ada perubahan dan perbedaan dalam pilpres supaya lebih terbuka yaitu dengan cara online. Hal ini juga mampu memfasilitasi para alumni yang berada dimana saja untuk ikut memilih presiden alumni sesuai dengan pilihan mereka.
Panitia pilpres membuat sebuah web khusus untuk pilpres kali ini, para alumni dihimbau untuk mendaftar  pada web tersebut supaya bisa mencoblos. Memang dari sistem ini masih sangat mungkin terjadi pendaftaran dengan account palsu dan banyak celah untuk kecurangan. Namun melihat dari pola kampanye para capres yang saling dukung satu dengan yang lain dan berdasar kesadaran kami masing-masing para masyarakat alumni JB, saya kira kecurangan itu sangat kecil kemungkinannya akan terjadi. Yah meskipun tidak dipungkiri bisa saja terjadi.
Proses pendaftaran pemilih sebenarnya telah berakhir kemarin 17 September 2012 dan hari ini 18 September 2012 mulai pemungutan suara, namun panitia memperpanjang masa pendaftaran pemilih hingga 21 September 2012. Untuk pengumuman hasilnya sendiri di website pilpres tertulis 25 September 2012.

Mungkin memang sistem pilpres online pertama ini belum sebagus yang diharapkan dan masih banyak celah juga yang bisa dipakai untuk kecurangan. Tapi saya salut dengan panitia pilpres yang berani melakukan terobosan baru dengan pilpres online alumni JB tahun ini. Semoga pilpres berikutnya sistemnya bisa lebih bagus dan siapa tahu ini menginspirasi pemerintah untuk melakukan  pemilu online.

Selamat memilih para manukers!!! One man for one vote!!! AMDG!!!

Sumber gambar:http://pilpres.debritto.net/

0 comments: